Add the locking Mechanism on the Motorbike Alarms

After making alarm addition of the touch sensor circuit of motor security, many readers ask me to add the locking mechanisms to this alarm. Thus, if the alarm has been activated, the alarm will keep activated even though the motor’s key is turned off.

The addition of a locking mechanism like this actually is very easy. Just by adding a PNP transistor, an NPN transistor, and two resistors.

The complete scheme is as follows:

Alarm Motor Terkunci

Locked Motor Alarm

The workings of the locking mechanisms is as follows:

When the transistor Q3 active, Q4 transistor is not active, so the transistor Q8 get base current through the R12 and R7. Thus, the Q7 will also get a base current through the collector of Q8 and R5. Emitter of Q7 directly connected to the + Battery, so even though a key of motor is OFF, this circuit can still get an electric current.

It should be noted that in order for the lock circuit persists is that C2 is large enough so that the charge is sufficient to supply the circuit during the OFF period of the Q7 and Q8. Remember that the Q7 and Q8 is active only during Q3 active. I haven’t try this design yet, so if this circuit can not lock to keep it ON as long as the sensor is not touched, try to increase the value of C2 with a larger capacity, such as to replace a 2200uF.

Good luck.

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.
Please notice that comment or question submitted should match the topic. Otherwise, we will delete that comment or question :!:

21 Comments
  1. Mas, saya sudah coba rangkaiannya dan berhasil, tetapi nyala klakson nya gak nyala hidup (Flip flop) apakah memang di rancang untuk nyala terus?

    Terima Kasih.

  2. Met pagi mas….
    saya dah coba buat yang kayak gini, cuma tanpa bagian penunda. yang jadi masalah, jika yang dari emitor Q7 dihubungkan ke aki, maka relay 2 akan langsung on walaupun kontak dalam posisi off terus kalo sensor disentuh relay 2 mati dan relay 1 on, seolah-olah arus pemicu itu bukan dari kontak, tapi dari aki. kira2 yang salah apa yah mas…

    • Coba lepas R12 dari kolektor Q4, dan sambungkan ke ground. Dalam keadaan seperti itu, seharusnya Relay 2 tidak bisa ON jika kontak OFF walau emitor Q7 dihubungkan langsung ke aki. Jika pada keadaan tersebut Relay 2 masih bisa ON walau kontak OFF, berarti ada masalah dengan Q7 dan Q8.

  3. nah ini yg di tungu kang,matur nuwun kang maz

  4. mas sulhan, saya sudah membuat dan hasilnya memuaskan,,, permasal ahanya bisa gak ea mas klakson berbunyi dengan cepat? soalnya klakson bsa bunyi setelah 1 detik. dan itu bunyinya cuma tit..tit..tik..
    aku pengen yang bunyinya thiiiiiiiit…..thiiiiiit …thiiiiit

    apa yang harus di ubah mas ?

  5. slamat siang mas sulhan saya ari dari surabaya, saya suka dengan elektro tapi masih awam dengan ilmu elektro..
    mau tanya mas mengenai artikel ”Menambah Mekanisme Penguncian pada Alarm Motor”
    saya sdh mencobanya berhasil namun bagian penguncinya tdk bisa bekerja sesuai teori itu…… saya coba ketika kaki basis Q8 di putus / tdk dihubungkan kemanapun ternyaata muatan negatif dari emitor Q8 masih bisa mengalir ke colektornya sehingga arus negatif dari colektor Q8 mampu mengaktifkan Q7 sehingga rangkaian selalu aktif tanpa mendapatkan arus dari kontak…
    catatan: transistor Q8 & Q7 dalam kondisi baik semua
    *adakah mekanisme / rangkaian lain yang dapat di jadikan pengunci arus…?
    * apakah mas sulhan sdh mencobanya dan berhasil…
    saya tunggu mas rangkaian penguncinya ok’ tq

    • Seharusnya percobaannya bukan dengan melepas kaki basis dan tidak dihubungkan kemanapun. Itu rangkaian yang cukup sensitif, sebuah kaki komponen yg pendek bisa saja berlaku seperti antena. Jika untuk memastikan bahwa Q8 mati, hubungkan basis ke ground, bukan dibiarkan mengambang menjadi seolah mendapatkan antena.

  6. Mau tanya Mas Sulhan, saya sudah buat rangkaian diatas,dan berjalan jika sebelum kontak di onkan rangkaian tidak bekerja, setelah kontak di onkan sesaat dan bagian alarm bekerja terus kontak di off kan alarm tetap bekerja sebelum sensornya di sentuh berarti rangkaian nya berjalan, nah permasalahan saya adalah setelah sensor disentuh alarmnya off, Relay 1 tetap bekerja seharusnya jika kontak di offkan relay 1 kembali off jadi bagaimana solusi nya mas sulhan sebelumnya terima kasih,

  7. slmt pagi mas sulhan y terimakasih atas ilmunya, sy mau tanya nih permasalahan sy hampir sama dengan mas adito
    rangkaian saya sudah berjalan dengan baik ketika kunci on tempo 10 detik alaram menyala dan setelah sensor disentuh alaram mati kemudian mesin bisa distart, namun ketika kunci di offkan (mesin mati) alaram kembali menyala lagi dengan sendirinya….
    mohon pencerqahannya terkait masalah ini….
    tks mas sulhan

  8. mas sulhan. boleh donk kalo ada rangkaian saklar sentuh untuk menghidup matikan lampu (ON/OF)dengan sistem sederhana seperti di atas. caniagoaang3@gmail.com

    • Kalau sekedar menyalakan dan mematikan lampu, rasanya tidak perlu pakai yang ini, tapi cukup yang Pengaman Sepeda Motor dengan Sensor Sentuh yang dilakukan sedikit modifikasi untuk proses mematikannya

    • Mas saya sudah coba buat rangkaian ini saya coba langsung ke aki, yang jadi masalah 1. waktu penunda sangat cepat saya coba ganti dengan kapasitor yang lebih besar memang waktunya lama tetapi kenapa klo setrum di cabut terus dipasang lagi sepertinya kapasitor masih menyimpan setrum sehingga tidak ada jeda waktu lagi alias rangkaian flip flop langsung bekerja, 2. Klo emitor dari q7 langsung ke aki rangkaian alarm langsung aktip padahal seharusnya, terimakasih

    • nah itu mas bagai mana cicuitnya, ngambil dari mana, ?

  9. bos, suda buat rangkaian diatas, tetapi pada saat kunci kontak di matikan pada relay2 getar bunyi kyak putus-nyambung terus, saat sensor disentuh getarnya berhenti… itu knpa bos? —pliss—

  10. Mas Sulhan,sekedar sharing…
    Saya memodif rangkaian ini supaya sirine tetap terkunci nyala dengan menambah SCR dan relay RLY1 menggunakan tipe 8pin. Gate mendapat bias teg bersamaan dengan rangkaian saklar sentuh, sedangkan Anoda diseri dahulu dengan relay dan sirine kemudian masuk ke teg+. Jika saklar sentuh aktif, maka relay akan bekerja dan memutus teg+ di Anoda, sehingga sirine tidak mendapatkan teg+ dan tidak berbunyi. Jika kontak dinyalakan dan saklar tidak disentuh, maka Gate mendapatkan bias sehingga SCR ON dan sirine berbunyi, jika kemudian saklar disentuh, maka relay bekerja hingga teg+ ke Anoda terputus dan sirine mati, untuk modif ini rangkaian penunda tidak saya pasang. Untuk teg+ ke Anoda via relay dan sirine ini diambil langsung dari Accu, sehingga meski kontak dimatikan, sirine tetap bunyi.

  11. pak mau tanya alternatif selaian mengganti c2 dengan kapasitas yg besar apa? sebab kalau tegangan dari aki di pasang alarm bunyi terus sensor disentuh alrm mati. beberapa detik alrm nyala lagi, disentuh mati. begitu seterusnya. c2 ganti yg lebih besar bisa tahan beberapa menit,
    kalau dari aki tidak dipasang udah berkerja dengan baik[ tapi kalau kontak di offkan alrm juga mati]

    solusinya gimanaya ?

  12. Mas sulhan aku telah berhasil membuat rangkaian ini.
    Akan terapi saya menemui kendala. begitu on sensor tidak bekerja dengan baik. Setelah disentuh kadang berfungsi kadang tidak. ( tidak responsif ).
    Trus kadang begitu ON relay 1 langsung bekerja.
    Udah saya coba r5, r2, d2 saya lepas tapi hasilnya sama saja.
    Sehingga belum berani saya pasang ke motor ku.

  13. mas, saya sudah buat sensor sentuhnya, dan berhasil, terima kasih sudah berbagi ilmu
    Pertanyaan saya, kalo rangkaian flipflopnya saya hilangkan, agar suara klakson bunyi terus (tidak flip-flop), bagian mana harus di buang dan disambung? Thx

  14. mas mau tanya saya sudah buat rangkaian seperti rangkaian di atas hanya saya modifikasi sedikit sensor sentuhnya jadi 2 seperti postingan kunci pengaman sensor ganda dengan 2 pnp transistor dan 1 npn transistor !!!

    saya modifikasi tetapi skema sensor sentuh menggunakan skema kunci pengaman ganda sensor sentuh .

    pada posisi R5 Resistor 1M antara base dan emiter C9012 tidak saya pasangkan resistor 1M tersebut alias tidak saya gunakan tetapi saya hanya hubungkan capacitor 1nF emiter ke base C9012 , kemudian base tersebut saya hubungkan dengan resistor 100K untuk sentuhan.

    kemudian setelah semua terpasang dan komponennya sudah saya pasangkan dan solder ke pcb . terakhir percobaan kenapa waktu saya hubungkan positif D6 dan gnd saya tancapkan ke Trafo 12v 5Ampere. tetapi malah kenapa relaynya Rly1 SDPTnya nyala sendiri walaupun tidak saya sentuh resistor 100K yang menuju ke base transitor C9012 ? kalaupun sensornya saya sentuh bunyi krak krak krak relaynya ? saya menggunakan Trafo 12V 5Amp. saya tidak punya Aki jadi sementara makai trafo

    nah ini yang error dari mana ya mas ? dari transistor saya atau dari rangkaian saya yang sudah saya cetak di pcb saya ? apa mungkin kualitas transistor saya jelek atau gimana . saya juga make transistor yang mas sebutkan di atas di antaranya C9012 dan C9013 . apa transistor tersebut rawan terkena listrik statis dari tangan waktu penyolderan ? padahal waktu penyolderan saya tidak menyentuh kaki2 transistor pada waktu penyolderan?

    terima kasih sebelumnya ?

Leave a comment

Before making a comment, make sure you have read the previous comments. Do not make the questions have been asked. Note also the links in the article. Take a look at those links before you create the questions, as it may be an explanation of your questions have been answered in that link.

Comments that do not follow these rules will be deleted!

(required)

(required)


Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.