MXLED – LED Matrix Simulator

MXLED version 1.6

MXLED.exe

MXLED.exe

MXLED is a simulation of the LED matrix that can be used with a microcontroller simulator on Micro .exe. With MXLED, the system design of LED matrix, commonly referred to as Running Text, or many also call it Moving Sign, be more easily implemented.

MXLED on this version provides the size up to 200 columns x 80 lines. With this size, we can perform simulations for the LED matrix which suffice to needs that more real.

Enlarge the size of the matrix on this version is done by reducing the size of the LED to be only of 10 x 10 pixels. However, if we use monitors with size 1360 x 768, then size that can be displayed only about 135 columns x 64 lines.

MXLED

MXLED

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.
Please notice that comment or question submitted should match the topic. Otherwise, we will delete that comment or question :!:

17 Comments
  1. bagus bisa untuk bahan belajar

  2. Salam Kenal Mas Sulhan.
    Selumnya maaf saya dah unduh software microv7 tanpa ijin, mau nanya mengapa ya animasi matrix led kok ndak bisa terbuka (selalu tampilan minimize) padahal sebelumnya lanjar saja. Solusinya gimana ya? Makasih atas pencerahannya.

    • Salam kenal Mas Yudi,
      Sebenarnya mungkin bukan karena minimize, tetapi karena posisinya yang diluar wilayah yang terlihat. Posisi-posisi simulator memang disimpan pada regsitry, sehingga saat kita memindah posisinya suatu waktu, maka pada saat menjalankan untuk lain waktu akan berada pada posisi yang sama. Jika posisinya entah karena apa tiba-tiba keluar dari wilayang yang terlihat, cara untuk mengembalikannya adalah, matikan simulator tersebut, kemudian buka regedit.exe dan ubah pada nilai pada HKEY_CURRENT_USER/SimulatorConfiguration/MX_LED/ kemudian ubah nilai Left dan Top menjadi nol. Untuk simulator yang lain misalnya SSLED juga sama.

    • Makasih Mas Sulhan atas pencerahannya, setelah saya rubah nilai di regestry-nya sesuai petunjuk dah normal lagi.
      Oh ya Mas saya telah buat hardwaring-nya untuk teks berjalan dah jadi normal sesuai dengan simulasinya. saya gunakan 50 kolom LED dan Mikronya AT89S52 lancar.
      Dengan Software dan simulasi dari mas Sulhan juga anak-anak didik kami semakin lebih mudah memahami bahasa mesin keluarga MCS-51 semoga ganjaran shodakoh amal ilmu Mas Sulhan Mengalir terus, Amieen.

    • Aamiin

  3. Mas file mxled nya ga bisa di download, apa ada link lain untuk download file mxled nya

  4. terimakasih banyak ilmunya

  5. mantap, ilmu yang sangat membantu dalam pengembangan program mikrokontroler.

  6. Cara menggunakannya gimana ya pak,bisa kasih tutorialnya sedikit saja.Trimakasih.

  7. permisi pak sulhan, mau tanya. saya kemarin sempet mencoba mengkombinasikan micro.exe dengan mxled.exe untuk membuat simulasi matrix led. cara pemakaiannya sudah saya baca di bagian demo mxled, port 0 dan port 1 sudah saya seting dan di bagian caption sudah muncul tulisan matrix led. tetapi ketika saya start simulasi,tidak ada perubahan nyala led di mxled.exe kira kira kenapa ya? di mxled saya seting 32X8 dan semua pilihan saya centang

    • Ini memang sebuah kejadian yang hampir selalu dialami oleh yang baru pertama mencoba simulator di micro.exe, atau yang sudah lama tidak menggunakannya. Permasalahan sebenarnya adalah karena biasanya pengguna tidak pernah mau membaca help yang disediakan. Ketika ingin mencoba demo pun, yang dicoba hanya demo yang ingin dicoba saja, tidak pernah bermaksud untuk mengerti cara menggunakannya. Yah, saya harus maklum dengan kebiasaan anak muda sekarang yang inginnya selalu instant.

      Jadi begini, simulator ini digunakan biasanya tujuannya untuk mempelajari program, bagaimana program itu berjalan. Oleh karena itu, setiap eksekusi program pada simulator, maka baris yang dieksekusi juga ditunjukkan. Sayangnya, proses untuk menunjukkan baris yang sedang dieksekusi ini membuat jalannya simulator menjadi lambat. Oleh karena itu, jika kita tidak ingin melihat baris-baris yang sedang dijalankan, tetapi hanya ingin mencoba jalannya keseluruhan program karena aksi dari program langsung dilihat melalui simulator yang lain, misalnya mxled.exe, maka kita bisa membuang tanda cek dari menu Update Display di menu Option dari simulator. Keterangan ini sebenarnya telah ada di help. Hanya saja, sayang sekali, hanya sedikit orang-orang pilihan saja yang bersedia membacanya, sisanya lebih memilih untuk bertanya saja 😀

    • pak sulhan memang canggih bisa buat yang beginian, 🙂 tadi juga sempat mxled nya menghilang, tetapi setelah saya ubah di rgistri top dan left menjadi nol, nongol lagi dia. dulu saya pernah pakai simulator micro.exe yang di sertakan di CD companion.

  8. ass…….wrwb. mo nanya ni mas…,apa dah ada terbitan buku baru tentang running teks ya baru dan lebih complit dan canggih mas….?,n yang pasti tu buku tulisan mas sulhan bukan yang lain.trim’s

  9. udah nulis banyak.. eh captha exhausted hiks.. cape deh. intinya semoga ada buku baru tentang atmega8, tahun depan komen lagi ah di bulan agustus..2017

Leave a comment

Before making a comment, make sure you have read the previous comments. Do not make the questions have been asked. Note also the links in the article. Take a look at those links before you create the questions, as it may be an explanation of your questions have been answered in that link.

Comments that do not follow these rules will be deleted!

(required)

(required)


Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.