Running Text on LED Matrix

In the example in Showing images on LED matrix using simulator, the note is displayed as an image. First we create a text image, then we create a constant from the text image. After that it displayed as an image.

Displaying text in this way is only appropriate if the text to be displayed is short. In addition, the displayed text will not be changed anymore. If the note to be displayed is a long text, or text that is displayed will be changed, then there is a better way than that way.

A better way is as follows: First, we create a character constant. In the example here, we make a character constant of 8 rows x 5 columns character size. The character constant was created using Karakter.bmp that you can edit to fit your desires.

Once we get a constant character, by compile the Karakter.bmp using ImgTable.exe, then every time we will display the text, we do it by reading the text character-by-character. Each character is read, then displayed by looking at the character table. In this way, we can display any article and can be changed while the program is running. Of course you have to create a procedure to change the text to be displayed if you want to replace it.

Unfortunately the program listing only writen in assembly language. So, if you prefer to use the C language, please do the conversion yourself :)

If you want to try the example program using MXLED, do the simulator settings as in Showing images on LED matrix using simulator

Demo using MXLED8X32 board

Good luck :!:

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.
Please notice that comment or question submitted should match the topic. Otherwise, we will delete that comment or question :!:

93 Comments
  1. Saya sangat tertarik dengan Running text dengan LED. dimana saya bisa dapatkan skema dan cara2 merakitnya??
    mohon bimbingannya Pak Yoko. Terimakasih sebelumnya.
    Kalau Punya skemanya tolong dong dikirim ke email saya yaa

  2. tolong software simulator mikro mas aku mau coba sudi kiranya kirim ke email saya. suwun

  3. Pak, saya mau bikin led matrik,apakah bapak tahu berapa jarak ideal antara led dengan led lainnya
    Terima kasih

    • Pertanyaan yang lucu, tentu saja jaraknya tidak berhubungan dengan soal teknis, itu hanya berhubungan dengan soal selera, dan tentu saja tergantung dari ukuran LED yang digunakan :D

  4. gan, gk ada listing program dalam bahasa c nya t?
    trus gmana tu caranya bwt jam digital pake led matrix kayak yg ada di jalan2 gitu? apakah konversi data ke display led matrixnya kayak ngambil data tabel seperti di listing jam digital pake seven segmen??
    tengkyu gan…..

    • Iya nih, yg ini ga ada c-nya. Klo mo liat yg ada c-nya, coba di Menampilkan gambar pada LED matriks menggunakan simulator. Sebenernya konversi ke matriks LED memang hampir sama dg konversi ke seven segment, hanya saja klo ke matriks LED, satu karakter datanya terdiri dari beberapa byte (biasanya 5 byte sudah cukup).

    • mau sundul lagi gan….
      trus gimana tu gan, cara mengakses suatu data karakter pada ledmatrix, semisal data karakter tersebut berada pada indeks buffer ke 30 sampai ke 35???
      satu lagi gan…
      merujuk dari jawaban agan dari pertanyaan saudara daine pada Menggunakan MXLED.EXE untuk simulasi matriks LED… disitu disebutkan, jika kita cuma pake ukuran 8×10, maka kita cukup menggunakan 4017. Pin15(reset) dihubungkan ke ResetCol, Pin14(clock) dihubungkan ke NextCol, Pin13(clock enable) digroundkan, dan output counter digunakan untuk mengendalikan kolom-kolom dari matriks.
      Nah, kebetulan ane pny program EWB yg jadul ni gan.. kalo disimulasikan tu hasilnya kayak led berjalan y gan??
      kalo misalnya kita buat 8×32 berarti ntar hasilnya lednya berjalan dari kolom pertama sampe kolom ke 32 gt gan???
      tp gmana cara bwt rangkaian yang kayak gt y gan???
      tengkyu

    • Buffer itu digunakan oleh prosedur penampil. Apapun yg ada di dalamnya akan ditampilkan. Nah, jika kita ingin menampilkan karakter tertentu pada indeks tertentu, maka kita harus melihat tabel untuk karakter yg akan ditampilkan, kemudian mengisikannya ke indeks tersebut. Nah, setelah data tersebut ditempatkan pada buffer, maka akan sulit bagi kita untuk mengetahui karakter apa yg berada pada indeks tersebut.
      Mo pake ewb untuk simulasi? kurasa ewb jadul tidak mendukung simulasi mikrokontroler, jd sebaiknya batalkan saja niatmu itu.
      Buat 8×32?, ya tinggal perlebar saja kemampuan 4017 agar selebar 32 keluaran. Itu bukan hal yang sulit. Coba belajar rangkaian digital jg ya :D

  5. salam pak.
    saya sudah beli bukunya.
    sekarang saya lagi buat dot matrix pakai avr bahasa basic.
    tapi belum mampu ngirim text pake pc terminal dan keyboard langsung.
    apa pak sulhan ada solusi…

    • untuk menampilkan text pada matriks led, kita menyiapkan buffer untuk menyimpan tulisan yang akan ditampilkan. Nah, jika tulisannya ingin bisa diatur dari PC terminal, maka kita harus menyediakan komunikasi serial dg PC. Data yang diterima dari PC ditempatkan pada buffer tersebut. Sedangkan jika dg keyboard langsung, maka kita harus membuat agar sisytem kita bisa membaca data dari keyboard. Nah data2 dari keyboard ini berfungsi untuk mengisi buffer tersebut. Rumit ya? memang solusi yg paling utama adalah banyak belajar :D

  6. gan, boleh tau listing program pembuatan ImgTable.exe gk, bwt belajar jg nih… kalo gk blh jg gk pa2… sorry gan….

    • :) boleh, masuk aja ke http://ngarep.com :P
      bercanda, coba klik di sini Source ImgTable

    • Makasih banyak y gan…..
      semoga ilmu agan bermanfaat dunia akhirat….
      amin…
      oh y, kapan buku barunya terbit gan???
      aku nantikan buku tulisan agan di kotaku…

  7. Assalamualaikum mas Sulhan saya sudah berhasil mempraktekan listing program jam digtal sekarang saya praktek membuat led dot matrik karena saya nggak bisa menggunakan simulatornya mas Sulhan yang saya tanyakan lsting program jam digital kalau mau saya masukan ke led dot matrik yang dirubah apa pada bagian konversi?tolong petunjuknya terimakasih

    • kalo mau mengubah program jam digital degan seven segment menjadi matriks led, yang diubah tentu saja bukan sekedar pada bagian konversi, tetapi juga pada bagian scanning. Wiyadi bisa menggabungkan teknik menampilkan data ke matriks led pada artikel ini, dan bagaimana membuat time base pada artikel tentang jam digital.
      Untuk simulasi, coba donlot Microcontroller Project versi terbaru. Trus coba baca helpnya. Di situ ada petunjuk cara menggunakan simulasi, ada demonya juga.

    • Asalamualaikum mas Sulhan simulator led dotmatrik sudah saya jalankan port sudah saya seting seperti contoh setelah saya klik pada tool tanpil layar led dotmatrik tapi tidak jalan dimana ya kesalahanya? terimakasih

    • Apa Wiyadi sudah mencoba Demo VLED? apa percobaannya berhasil? Jika belum, lakukan percobaan itu dulu untuk memastikan bahwa Wiyadi telah tau bagaimana membuat link ke simulator lain, bagaimana menggunakan Capture Handle, dsb. Sebaiknya baca helpnya secara menyeluruh biar lebih mengerti bagaimana menggunakan Microcontroller Project dg optimal.

  8. Tlong mas sulhan kasih skemanya dong untuk IC 4017 membuat running text

  9. gan tolong…saya masih awam dalam mempelajari bahasa asembly…saya ingin membuat lampu led berjalan sendiri..rencana saya mau buat untuk tugas akhir saya…sekarang saya masih kuliah di Amik Selatpanjang …saya mengambil jurusan Teknik komputer…tolong banget ajari saya…..n kalo bisa kasih tutorial untuk saya belajar….tahnx sebelumny…n tolong di respon ….keluhan saya ini

  10. Gimana mas caranya mengkompilasi karakter.bmp menggunakan img table.exe. Soalnya setelah saya download img table disitu ada gambar ic lalu saya buka tidak bisa saya coba dengan notepad muncul code hexa

    • @Wiyadi: ImgTable.exe itu sebuah program, tentu saja jika dibuka dg notepad munculnya kode hexa. Jalankan saja ImgTable dg klik ganda. Nanti akan muncul pesan yg merupakan petunjuk bagaimana menggunakannya. Saat pertama kali dijalankan, ImgTable akan mengatur registry untuk file bmp. Setelah itu, klik kanan pada file bmp yg akan dikompilasi, lalu pilih menu ImgTable M51 atau ImgTable SDCC, maka ImgTable akan membuatkan table untuk gambar tersebut dg format M51 atau format bahasa C.

  11. mas saya mu nanyak ne, jarak penyusunan Lednya tu berapa ya?

    • @andi: jarak penyusunan led ya mau2 kamu aja. mau rapat mau longgar ya terserah kamu. gitu aja kok repot :P

  12. mas program na mn,,,, saya belh kn tw program na…
    dr awal sampai akhir… tolng y mas…
    makash

    • wah, sepertinya fredick cuma seneng liat gambarnya aja ya, tulisannya ga dibaca :P lha disitu kan ada link untuk ngambil listing program, lha tinggal klik aja link itu, nanti kan keambil.

    • makasih y mas,,,,
      tp mas g bisa uga d ambil

    • bisa fredick, barusan aku coba jg bisa :!:

  13. mas, seandainya led matrix ini dibuat.
    sedangkan arus yg keluar pada mikro itu kan kecil.
    bagaimana agar led matrix tersebut bisa nyala dengan terang dengan asumsi ‘baris x kolom’.
    klo dengan dot matrix itu kan bisa dengan ic shift register saja, lalu bagaimana dengan led matrix untuk memperkuat arus guna nyala led bisa terang? pasalnya saya menggunakan ULN dan ic shift rgister pada simulasi proteus (isis) tidak bisa.
    Terima Kasih.

    Haviz

  14. mas, ane mau nanya.
    kan dah download programnya, trs dibuka pake mide-51 trus kok ad errornya?
    apa gak bisa buka pake software tersebut?
    Mohn bantuannya ya.

  15. Om nanya dong,,kl mau pakai teknik yang 16 kolom[lebih..] x sekian baris, rangkaiannya gmn ya?..kan tu hrus pakai lebih dari satu prot,eh port kan buat ngatur kolomnya. pembentukan karakter tampilannya gmn ya?.. suwun

    • cory om,,ralat maksut pertanyaan diatas jika jumlah baris banyak bukan kolom….suwun

    • Edie, susunan secara elektrik, itu bisa berbeda dg susunan papan, jd bisa saja untuk membuat 8 baris x 100 kolom menurut elektrik, tetapi pada papan disusun sebagai 16 baris x 50 kolom. Jadi untuk baris 8 hingga baris 15 pada kolom 0, sebenarnya adalah baris 0 hingga baris 7 untuk kolom 50.

       0  1  2  3...49 -->kolom berikutnya pindah ke bawah
      50 51 52 53...99
    • tngku om,,trus untuk pembentukan karakter data yg ditampilkan gmn caranya biar ceolah2 tampil dan memenuhi 16 baris runnig bersamaan?..cory om ya,banyak nanya,,,he,he pis.

    • Coba Edie baca-baca artikel tentang matriks led yg lain. Coba pahami bahwa tampilan matriks led itu memiliki buffer yg menyimpan data tampilannya. Untuk membuat matriks led menampilkan sesuatu, kita cukup mengisi buffer2 itu. Usahakan untuk membuat variabel buffer itu sedekat mungkin dg representasi fisiknya, sehingga kita bisa mudah merencanakan pemrogramannya. Sebagai contoh, jika kita membuat matriks dg ukuran 16×50, maka kita jg membuat buffer seperti berikut (bahasa c):

      unsigned char Buffer0_7[50], Buffer8_15[50];
      

      Buffer0_7 digunakan untuk buffer baris 0 higga 7, dan Buffer8_15 untuk baris 8 hingga 15.

    • Waduh bahasa C,, yg asmbly aja om..syukur2 ada list prog buat 16barisx50kolom[di email bisa om?..he,he],di contoh cuma ada yg 8×32 aku dah bnyk contoh2nya om.trus buat TR kolom bisa ga kl diganti IC jenis TTL seperti ULN2003,ULN2803 dst,,kl pakai TR waduh banyak banget berjajar panjang kaya kereta api dong om he.,he.. suwun om.

    • satu lagi om untuk kendali blok kolom itu disambung kemana om?..suwun om.

    • Gini Edie, coba pahami bagaimana yg 8×32 itu dibentuk, bagaimana sehingga bisa tampil seperti itu, coba pelajari bener2 dan jangan hanya mencoba simulasinya, setelah berjalan kemudian manggut2 sambil senyum dan berujar “bagus ya”. Pahami baris-per barisnya. Setelah itu, ubah konfigurasi dari MXLED sehingga ukurannya menjadi 16×16. Dari situ Edie bisa melihat perbedaan 8×32 dg 16×16 dengan program yg sama. Jika Edie sudah bisa memahaminya, maka tidak akan ada masalah lg berapapun ukuran yg ingin dibuat. Tentang transistor kolom jg begitu, yg penting adalah pahami konsepnya. Setelah itu Edie bisa menggunakan komponen semaunya.
      Blok kolom disambung kemana? sepertinya Edie memang tipe yg hanya mau disodori yg sudah jadi, ga mau memahami penjelasan yg diberikan. Gini, kan di situ dijelaskan bahwa kita membuat blok kolom sebagai kaskade dari kolom, tentu saja blok kolom itu jg dikendalikan pake 4017. Baca lagi aja ya, yg cermat mbacanya :!:

  16. mas gmn klo mw buat running txt menggunakan dot matrik dg masukkan dari keyboard ps/2 pc langsung?
    makasih y mas buat bantuannya

    • Pada program utama, program membaca data yg disimpan pada eeprom dan menampilkannya di matriks led. Kemudian km jg harus membuat interupt yg membaca data dari keybord. Monitorlah penekanan tombol2 tertentu yg menandakan aksi tertentu, misalnya jika tombol F1 ditekan, maka penekanan tombol2 berikutnya harus disimpan ke dalam eeprom hingga diperoleh penekanan tombol penutup, misalnya Enter. Dengan demikian, karena isi eeprom telah berubah, maka data yg ditampilkan jg akan berubah. Bagaimana membaca data dari keyboard? Ada banyak website yg telah membahasnya.

  17. assalamu’alaikum….
    mas saya sudah mencoba running text diatas, itu 8×32,P0 untuk pengendali Baris, P1 untuk pengendali kolomnya, masih ada sisa 2 Port P2 dan P3, kalau untuk 8×8 untuk pengendali kolomnya langsung dari port mikro, dari situ bisa lebih hemat tidak menggunakan ic 4017,apa ada perubahan pada programnya mas? kalau ada perubahan dimana mas? mohon bimbingannya mas………

    • wa alaikum salam. perubahannya tentu saja pada bagian yg menampilkan isi buffer. contoh di sini, perpindahan kolom aktif hanya dilakukan dg mengirim sinyal clock (next) atau mengirim reset jika kolom yg sedang aktif adalah kolom terakhir. jika kolom dikendalikan langsung dg port, ya tinggal atur aja kolom yg mau diaktifkan kolom yg nyambung ke port mana. masih ingat bahwa matriks led sebenernya sama dg seven segment banyak digit kan? contoh pengendalian kolom yg langsung dari port ada di Simulasi Seven Segment untuk Program Jam Digital dengan Tampilan Jam-Menit-Detik

    • iya mas sudah saya lihat, apa yang ini …
      Scanning:
      acall Display
      pop Acc
      pop PSW
      reti
      ;———–SUB-SUB PROGRAM———————–
      Display: setb RS0 ;aktifkan bank1
      mov PortDigit,#0 ;matikan semua digit
      mov PortData,@R0
      mov PortDigit,DigitAktif
      xch a,DigitAktif
      rl a
      xch a,DigitAktif
      inc R0
      cjne R0,#Buffer+8,dispfin
      mov R0,#Buffer
      dispfin: clr RS0 ;aktifkan bank0
      ret

      kalau tidak keberatan, untuk perubahannya kirim ke email saya mas : rudisanjaya90@yahoo.com

  18. mas..apakah bisa bahasa program yang telah dibuat pada mikro kontroler project di dwnload langsung ke ic at89s51(pakai rgkaian isp dari mas)seperti ke simulator?trim’s sebelumnya.o,ya bbearti butuh berapa buah ic 4017 untuk led 8×32 atau apa boleh 1 buah untuk baris dan 4 buah untuk kolom,dari port masuknya ke kaki yang mana dari ic 4017 sebagai inputnya?

  19. apakah kolom yang aktif pada mxled harus berurutan col.1,2,3,..dst,seiring/bersamaan dengan perubahan data baris atau urutan byte dari konstanta bilangan hexa,misal pada pada konstanta 081h,0ffh,080h,… maka dalam satu waktu perubahannya 081h=baris 1 aktif,0ffh=baris 2 aktif,….dst.

    • Teknik memprogram yg baik adalah kalau kita membuat banyak tugas yg bekerja secara independen. Proses scanning matriks led dilakukan oleh prosedur yg dijalankan oleh interupsi timer. Proses ini tidak peduli dg apa yg akan ditampilkan. Yg dilakukan hanya melakukan scanning buffer display. Apapun yg ada di bufferdisplay akan ditampilkan. Sementara, konstanta2 itu digunakan untuk mempermudah pengisian bufferdisplay. Sama dg prosedur yg melakukan scanning yg tidak peduli dg apa yg ada di bufferdisplay, prosedur yg mengisi bufferdisplay jg tidak peduli dg bagaimana isi dari bufferdisplay akan ditampilkan. Coba baca lagi dg lebih teliti tentang “Organisasi Program” pada buku “Mudah dan Menyenangkan Belajar Mikrokontroler”.

  20. pak kalo cra membuat matrik karakter nya gmana?misal hurup A=(127,136,136,136,136,127) angka angka tsb d dpat drmana ya?

    • casper, baca dengan cermat ya. Baca juga komentar-komentar yang sudah ada. Ikuti juga link-link yang disajikan. Artikel ini terkait dengan artikel-artikel lain.

  21. Trim’s banyak ilmunya.2bulan bikin runningtext akhirnya jadi juga tanpa hrs beli downldr.saya mau nanya terkait listing demo led matriknya,itu untuk 32kolom.nah kalau lebih banyak kolom,apa sedikit merubah listingnya? trimakasih mas sulhan

    • DispWidth equ   32
      ~array 32 BufferDisplay BufferHidden
      

      Sebenarnya jika Slamet mau untuk mempelajarinya, dalam arti membaca listing itu baik-baik, mencoba untuk mengerti tujuan dari setiap barisnya, dan tidak hanya mencoba semua yang disajikan di sini, maka seharusnya Slamet bisa mengetahui apa yang seharusnya diganti. Target selanjutnya adalah harus bisa merancang tampilan yang benar-benar berbeda dari contoh. Jadi, teruslah belajar dengan lebih cermat :!:

    • Woke,trimakasih penjelasannya.

  22. Mas,,.secematik atau iC pakae apa ya

  23. PortCtrl equ P1 ;p1 untuk control
    ResetCol bit PortCtrl.0 ; p3.0 untuk ngendailikan reset 4017
    NextCol bit PortCtrl.1 ; p3.1 untuk ngendailikan clock 4017
    PortData equ P0 ; p0 untuk data

    maksuknya gitu kah Gan….sy masih kurang ngerti…trims,,,,

    • ResetCol untuk mengendalikan reset 4017 tapi ini bukan pada p3.0 karena PortCtrl adalah P1. Jadi PortCtrl.0 sama artinya dengan P1.0. Dan reset di sini tidak selalu reset 4017 tetapi reset counter apapun yang kita gunakan, dimana salah satu yang bisa kita gunakan adalah 4017.

  24. Wah, ada source code running text gratis… :)
    Meskipun assembler, gpp deh, bisa diliat2 dulu… Thanks.

  25. Wah, sip.

  26. semoga mas tdk bosan…
    mohon penjelasan lebih jauh ttg penggunaan macro yaitu ~byte,~array dan ~bit dalam listing prog. running text karena dalam buku krngn mas sulhan tidak ditemukan penjelasannya.

    • Di buku tidak ditemukan penjelasannya? Ketahuan kalau membaca bukunya tidak secara keseluruhan :P
      Coba lihat link ini

  27. terima kasih atas penjelasannya.
    mau tanya lagi mas…
    listing prog. teks berjalan pada led matrix saya coba rubah dispwidht-nya dg 16 dan ~arrray 16, stelah disimulasikan hasilnya nyala led sebagian tidak beraturan,kenapa ya? dan prog. apa saja yg di rubah kalau ingin menggunakan display 16 kolom?
    maklum ltr pedidikn saya tak ada hub.dg mikron.jadi agak telmi..
    tapi saya punya smgt untuk belaja mikron.

  28. konsul lagi mas…
    sekarang sya sudah berhasil membuat huruf berjalan pada led matrik,cuman ada masalah pada led yang seharusnya padam tapi masih kelihatah nyala sedikit redup sehingga menggangu tampilan layar nyas tidak kontras.bagaimana supaya lampu led nya benar2 mati/padam.sehingga tampilanya sangat kontras.

    • Coba lakukan percobaan scanning matriks secara perlahan sehingga bisa dilihat apakah kita bisa benar-benar menyalakan LED secara individual tanpa mempengaruhi nyala LED yang lain. Nyalakan semua baris, kemudian secara perlahan aktifkan kolom dari kolom paling kiri hingga paling kanan. Perhatikan apakah LED yang menyala hanya LED pada kolom aktif, atau LED pada kolom lain juga ikut menyala secara redup. Jika pada percobaan ini LED yang menyala hanya LED pada kolom aktif, artinya hardware sudah bekerja dengan baik, berarti kesalahan ada pada software. Bacalah komentar-komentar pada artikel yang berhubungan dengan matriks LED di website ini, karena masalah ini sudah pernah ditanyakan. Sedangkan jika ada LED dari kolom selain kolom aktif yang juga ikut menyala secara redup, berarti kesalahan ada pada hardware. Coba perhatikan batas-batas kemampuan dari komponen yang digunakan. Sebagai contoh, jangan menerapkan arus yang lebih besar dari 2mA untuk port mikrokontroler. Jika memang membutuhkan arus yang lebih besar dari itu, gunakan transistor tambahan secara darlington.

  29. mas boleh ga minta contoh listing teks berjalan untuk 89c51?makasih

    • Silakan didownload saja. Tidak perlu minta izin untuk mendownload semua yang linknya ada di website ini.

  30. mas, tolong kasih tutorial membuat running text atau moving sign, kirim k email sya, besrta sgala yang dibutuhkan nya, makasih,,,
    sya mash newbi, dan ingin belajar,,,,

    • Maaf, permintaan yang bersifat pribadi harap disampaikan secara pribadi pula. Di sini sifatnya adalah forum yang hanya membahas hal-hal yang terkait dengan topik. Ada beberapa post yang berkaitan dengan Matriks LED, jadi sebelum menyampaikan pertanyaan, seharusnya melihat dulu seluruh post yang berkaitan. Disamping itu, komentar-komentar yang sudah ada juga harus dibaca terlebih dahulu.

    • mantab !! mas bro

  31. Makasih mas aku dah bisa pake listing yg running teks aku modifikasi teksnya, kalau at89s52 max berapa kolom ya mas?
    trus cara rubah jenis karakter dimana ya mas misal times new roman dll
    bisa gak input karakternya pke keyboard?

  32. met jumpa lagi mas…gimana caranya merubah list.prog.supaya texnya bergeser ke kanan. mohon petunjuk/gambarannya.

    • Pertama ganti prosedur ShiftLeft menjadi prosedur ShiftRight yang cara kerjanya adalah kebalikannya. ShiftLeft mengambil data dari buffer sebelah kanannya buffer paling kiri, kemudian menyalinkan ke buffer paling kiri. Langkah ini diulang ke buffer di sebelah kanannya sampai seluruh buffer. ShiftRight harus bekerja kebalikannya, bararti mengambil data dari buffer sebelah kiri dari buffer paling kanan, kemudian menyalinkan ke buffer paling kanan. Langkah ini diulang ke buffer di sebalah kirinya sampai seluruh buffer.
      Kedua, pemuatan tulisan dilakukan dari karakter paling kanan (karakter terakhir) dan ditempatkan pada posisi sebelum buffer paling kiri. Ingat bahwa buffer paling kiri adalah buffer pertama, jadi buffer paling kiri dilakukan dengan memutar buffer sehingga buffer paling kanan dianggap sebagai buffer sebelum buffer paling kiri.

    • mantab .. terima kasih

  33. terimakasih mas penjelasannya…untuk tex geserkiri geserkanan udah sukses namun untuk tex diam dan berkedip masih sulit merubah prog. nya, dan juga saya ingin merubah variasi animasi runningtext dengan mengeser text kekiri dan kekanan bersamaan sehingga bertemu di tengah membentuk teks utuh(diam), bagaimana merubah list.prog. nya?mohonpenjelsannya/gambaran langkah prog.nya. dan terima kasih sebelumnya.saya doakan semoga mas sehat dan sukses selalu….

    • Geser kanan dan geser kiri seharusnya lebih sulit dibanding diam dan berkedip. Diam, artinya tidak membuat perubahan apapun kepada BufferDisplay. Berkedip, bisa dilakukan dengan menuliskan tulisan kepada BufferHidden, kemudian menyalinkan isi BufferHidden ke BufferDisplay, menunda sebentar, menghapus BufferDisplay, kembali menyalin BufferHidden, dan hal ini diulang sesuai dengan keinginan seberapa banyak jumlah kedipannya. Menggeser ke kanan dan ke kiri dari 2 arah, tinggal bagi saja BufferHidden dan BufferDisplay menjadi 2 bagian. Pada bagian yang kiri diterapkan geser kanan, dan bagian yang kanan diterapkan geser kiri.

  34. add a,#-‘ ‘;space is first char
    Apa maksud dari perintah diatas mas?

    • Konstanta yang digunakan untuk menampilkan tulisan adalah konstanta karakter biasa, misalnya:
      db 'Ini tulisan yang ditampilkan',0
      Tetapi konstanta tabel karakter dimulai dari karakter Spasi (karakter ke 32). Oleh karena itu, perlu disesuaikan dengan cara mengurangi konstanta tulisan dengan karakter Spasi. Kita bisa saja membuang perintah itu asalkan pada konstanta tulisan telah dilakukan penyesuaian ini, misalnya:
      db 'I'-' ','n'-' ','i'-' ',...
      Tetapi cara tersebut jelas akan merepotkan dalam membuat tulisan. Dan jika memang hal ini dirasa tidak merepotkan, maka karakter penutup harus diganti dengan selain 0, karena karakter 0 akan dianggap sebagai spasi.

  35. Saya sudah coba modif dengan menggabung program jam digital,kalau jam digital saya gabung ke contoh yang menampilkan gambar itu bisa tapi kalau yang disini masih kesulitan.misalnya tampilannya begini
    ’00:00:00′
    jam diletakkan pada buffer 1 sampai12 menit buffer 14sampai26 dst.Untuk menghilangkan spasi agar tampilan jam langsung pada buffer pertama dan diam sebentar bagaimana ya mas? nanya terus ni trims

  36. yaaah, hehe
    kenapa ga ada bahasa C gan?

    ane lagi minat bikin dot matrix soalnya hehe, tapi masih baru banget bahasa program :p

  37. Saya tertarik dan ingin membeli bukunya,tapi Bukunya saya cari ditoko gramedia semarang kok gak ada ya pak,apakah harus melalui situs onlne?

    • Mungkin masih ada beberapa toko gramedia yang sedia, tapi memang sudah sangat jarang. Akan lebih mudah kalau melalui toko online.

    • Ok pak terima kasih infonya.

  38. pak kalo buat rangkaian display dot matrik bagusnya pake mikrokontroler ATmega apa AT89

  39. mas sulhan kenapa imgtable.exe baru beberapa x sudah tidak ada pilihan setelah klik kanan pada .bmp. terus saya klik kanan itu imgtable.exe pilih administrator. tapi masih sama kenapa ya…

    • Coba ulangi klik ganda pada imgtable.exe, baru setelah itu klik kanan pada file bmp. Jika masih tidak berhasi. Tempatkan file bmp pada folder yang sama dengan imgtable.exe, kemudian buka command prompt (ada di menu Accessories). Kemudian lakukan cd di lokasi imgtable.exe. Kemudian jalankan imgtable.exe dengan parameter nama file bmp tersebut, misalnya:

      C:\FolderImgTable>imgtable filefont.bmp
      

      Maka nanti akan dibuatkan filefont.M51 yang berisi tabel font yang dibuat menggunakan filefont.bmp

  40. mas sulhan, klw download program ke uc pke port serial gimana ya?

Leave a comment

Before making a comment, make sure you have read the previous comments. Do not make the questions have been asked. Note also the links in the article. Take a look at those links before you create the questions, as it may be an explanation of your questions have been answered in that link.

Comments that do not follow these rules will be deleted!

(required)

(required)



2 − = one

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.